KEBIKAJAN STRATEGIS BAUK 2021-2025

Daya saing level nasional yang dituju oleh UNIDA Gontor meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini selaras dengan misi dan tujuan dari UNIDA Gontor yang mengakomodir penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam kerangka Islamisasi Ilmu Pengetahuan kontemporer dan jiwa pesantren. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, perlu disusun kebijakan strategis yang bersinergi dengan arah yang dilakukan oleh Kemendikbud RI.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kemendikbud tahun 2020-2024, sasaran perguruan tinggi adalah: 1) Meningkatnya akses, kualitas pembelajaran dan relevansi pendidikan tinggi; 2) Meningkatnya kualitas dosen dan tenaga kependidikan; dan 3) Terwujudnya tata kelola Ditjen Pendidikan Tinggi yang berkualitas.

Hal ini juga selaras dalam mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) IV tahun 2020-2024, yaitu Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing dan Penguatan Pendidikan Tinggi Berkualitas dengan indikator sebagai berikut:

  1. Jumlah Prodi per bidang Ilmu yang dikembangkan PT (Sains Keteknikan dan Sosial Humaniora)
  2. Persentase Lulusan PT menurut program studi (Sains keteknikan dan Sosial Humaniora)
  3. Persentase Lulusan PT yang langsung bekerja
  4. Jumlah Publikasi Ilmiah dan Sitasi
  5. Jumlah HKI
  6. Persentase SDM berkualifikasi S3
  7. Peningkatan Nilai Akreditasi Institusi
  8. Pengembangan kerjasama dengan industri dan pemerintah
  9. Peningkatan kualitas dan pemanfaatan penelitian dengan meningkatkan interaksi perguruan tinggi dan industri
  10. Peningkatan kualitas lulusan perguruan tinggi melalui pengembangan prodi yang adaptif dan desain kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri, perencanaan, dan pembangunan daerah, perluasan sertifikasi berbagai keahlian, dan program untuk percepatan masa tunggu bekerja
  11. Pengembangan dana abadi (endowment fund)
  12. Mendorong fokus perguruan tinggi menjadi research university, teaching university, dan vocational university
  13. Penguatan pembinaan PTS dalam rangka peningkatan kualitas PT

Kebijakan strategis BAUK UNIDA Gontor untuk mencapai tujuan Universitas Darussalam Gontor sesuai dengan isu strategis adalah:

  1. Peningkatan dana penelitian, peningkatan SDM dan peningkatan institusi dengan menambahkannya dalam RAB yang bersumber dari bantuan yayasan pondok.
  2. Pengembangan sistem keuangan berbasis teknologi informasi yang menyeluruh untuk menciptakan sistem keuangan yang akuntabel, kredibel dan transparan.
  3. Pengembangan layanan adaministrasi umum guna mendukung pelaksanaan tridharma yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

KEBIKAJAN STRATEGIS BAUK 2021-2025

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.